Rabu, 01 Desember 2010

Jenis-jenis Erosi


Bentuk utama dari erosi adalah:
Rill Erosi
  • erosi permukaan
  • fluvial erosi
  • gerakan massa-erosi
  • streambank erosi.

Erosi permukaan


Ketika hujan, angin atau melepaskan partikel es dari permukaan tanah, partikel-partikel dicuci atau tertiup angin paddock.


Lembar erosi

Gully Erosi
Hal ini terjadi ketika hujan jatuh pada tanah yang telanjang atau jarang ditutupi, melonggarkan partikel halus (debu, tanah liat dan humus) yang dilakukan di permukaan menurun run-off. erosi Lembar menurunkan kesuburan tanah, karena menghilangkan lapisan paling produktif, yang biasanya telah diperkaya oleh pupuk.




Streambank Erosi

Erosi angin

Angin dapat menghapus tanah halus yang berharga pada permukaan tanah. Musiman angin kencang melanda banyak daerah, seperti bukit pasir, Dataran Tinggi Tengah Vulkanik, Wairarapa, Hawke's Bay, Canterbury dan Otago. Jika meliputi vegetasi telah menyerempet atau terganggu, erosi angin bisa parah.


Fluvial erosi

Hal ini terjadi ketika air mengalir gouges saluran dangkal atau selokan jauh ke dalam tanah.


Rill erosi

Pada lahan miring, terutama jika dibudidayakan, air run-off dapat berkumpul di saluran berbentuk V-kecil atau rills. Ini sangat jelas dalam tanah apung atau mereka terbentuk dari loess (debu tertiup angin), namun dapat terjadi pada semua tanah bukit.


Gully erosi

Gully erosi terjadi pada subsoils dikonsolidasi. Biasanya ini dalam dan menghasilkan banyak sedimen, yang sering feed ke sungai.
Selokan cenderung mengikis di kepala mereka, makan kembali ke lanskap. Mereka tersebar luas di seluruh negeri. Pada tahun 1950, ada erosi parit serius dalam batu pasir di Pohangina di Manawatu tersebut. Gullying parah juga dikembangkan di tanah apung di Dataran Tinggi Vulkanik ketika padang rumput ditaburkan pertama.


Terowongan gullying

Ketika air masuk tanah di lereng, biasanya ke bawah retak setelah periode kering, Gerusan keluar lapisan tanah untuk membentuk sebuah terowongan. Tanah sering kemudian runtuh ke dalam, dan sebuah bentuk selokan terbuka.
Loess tanah (debu halus) sangat rentan terhadap erosi semacam ini, terutama pada Bank Semenanjung dan di Marlborough. Layu Hills dekat Blenheim telah selokan banyak terowongan yang parah pada pertengahan 1950-an. Setelah permukaan itu dibentuk kembali oleh bulldozer, sebagian lahan ini telah digunakan untuk menanam anggur dan buah zaitun. Meskipun agak lokal, terowongan selokan juga terjadi pada batu apung vulkanik dan batupasir Northland's lapuk.


Gerakan massa-erosi

Ketika gravitasi menggabungkan dengan hujan deras atau gempa bumi, lereng keseluruhan dapat kumuh, slip atau slide.

Perairan berlumpur

Slip Tarndale adalah yang terbesar di belahan bumi selatan. Itu terletak di tepi Sungai batulumpur Waipaoa, pedalaman dari Gisborne, dan menambahkan cukup banyak sedimen ke sungai. Hutan telah ditanam di tanah pertanian mantan terdekat untuk memperlambat pertumbuhan slip.


Tergelincir

Slips adalah salah satu bentuk utama dari erosi di Pulau Utara. Mereka adalah akibat langsung dari perubahan dari hutan ke padang rumput.
Tergelincir terjadi ketika tanah (tanah lapisan atas dan tanah di bawahnya) pada lereng menjadi jenuh. Kecuali yang diselenggarakan oleh akar tanaman ke permukaan yang mendasarinya, itu slide menurun, memperlihatkan bahan yang mendasarinya.
Tergelincir adalah umum di mana batuan yang mendasari batulumpur (papa) atau batulanau - seperti dalam pegunungan Gisborne, Taihape, Whanganui, Taranaki dan Raja Negara. Bukit Wairarapa negara, di mana loess terletak di lereng yang menghadap utara, juga rentan.
Di Pulau Selatan, tanah slip tersebar luas di seluruh pegunungan, tapi kebanyakan utara Christchurch.

Dibanjiri dengan itu

Selama badai di Manawatu Februari 2004, ada 62.000 tanah longsor, sebanyak 1.000 juta ton tanah.Sekitar 50% berasal dari peternakan bukit-negara. Banjir disebabkan $ 100.000.000 senilai kerusakan. Sekitar 210 juta ton tanah adalah dicuci ke sungai Selandia Baru setiap tahun: sekitar 10 kali rata-rata global. Ini adalah campuran dari erosi alam dan dipercepat.


Bumi arus

Ini dapat spektakuler, tetapi tidak meluas. Jenuh berpindah ke bawah tanah secara massal, dan dapat mencakup batu yang mendasari. Namun, permukaan tikar vegetatif tetap utuh, dan gundukan bentuk dan hollows.


Scree erosi

Hal ini terjadi di daerah terjal atau pegunungan, dimana batuan yang mendasarinya greywacke (baik di pulau Utara dan Selatan) atau sekis (South Island). Pada ketinggian tinggi, gravitasi menarik bahan menurun menjadi bentuk kipas, yang bisa sangat spektakuler.
Ada perdebatan tentang apakah ini erosi dipercepat atau normal. Apa yang jelas adalah bahwa screes dapat terus bergerak jika tutupan vegetasi berkurang, atau melacak saham di lereng mereka.


Streambank erosi

Hal ini biasa terjadi di seluruh Selandia Baru, terutama di sungai dan anak sungai dengan banjir berkala. Walaupun tidak dramatis, menjadi penting karena sebagian besar lahan pertanian yang berharga terletak di samping sungai utama, di teras aluvial

0 komentar:

Posting Komentar