Jumat, 26 November 2010

Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Hardware adalah perangkat keras dan software adalah perangkat lunak. Itu terjemahannya. Tapi bisa juga kita artikan sebagai berikut: Hardware/Perangkat keras adalah sebuah alat/benda yang kita bisa lihat, sentuh, pegang dan memiliki fungsi tertentu. Secara fisik ada wujudnya. Ada bentuknya. Pengertian dari hardware atau  dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
CPU Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.
Nama lain dari Software disebut juga dengan perangkat lunak. Seperti nama lainnya itu, yaitu perangkat lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi kita bisa mengoperasikannya.
Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah
Input langsung: input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemproses. contoh : keyboard , mouse , layar sentuh , tablet ,scanner , sensor pada kamera digital , serta microphone . JOYSTICK,DISKET
OUTPUT: MONITOR,SPEAKER,PRINTER,PROYEKTOR,PLOTTER
Cache memori adalah tempat menympan data sementara. Cara ini dimaksudkan untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut, sehingga apabila ada data yang ingin diakses adalah data yang sama maka maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat.Cache memori ini adalah memori tipe SDRAM yang memiliki kapasitas terbatas namun memiliki kecepatan yang sangat tinggi dan harga yang lebih mahal dari memori utama. Cache memori ini terletak antara register dan RAM (memori utama) sehingga pemrosesan data tidak langsung mengacu pada memori utama.
Harddisk merupakan ruang simpan utama dalam sebuah computer. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan, setiap data dan informasi disimpan.
Overclocking adalah proses menjalankan komponen komputer di tingkat clock yang lebih tinggi (lebih jam siklus per detik) dibandingkan dirancang untuk atau telah ditentukan oleh produsen, biasanya dilakukan oleh penggemar mencari peningkatan kinerja komputer mereka. Beberapa komponen membeli komputer low-end yang kemudian overclock ke tingkat clock yang lebih tinggi, atau overclock komponen high-end untuk mencapai tingkat kinerja luar nilai yang ditetapkan. Lainnya overclock komponen usang untuk mengikuti persyaratan sistem baru, daripada membeli hardware baru. [1]
Read Only Memory (ROM), berfungsi untuk menyimpan pelbagai program yang berasal dari pabrik komputer. Sesuai dengan namanya, ROM (Read Only Memory), maka program yang tersimpan didalam ROM, hanya bisa dibaca oleh parapemakai.
Random Access Memory (RAM), merupakan bagian memory yang bisa digunakan oleh para pemakai untuk menyimpan program dan data.
RAM adalah Random Acces Memori.. memori yang dipakai komputer (terutama prosesor) untuk menyimpan data2 proses sementara ketika komputer bekerja..

memori ini akan kehilangan datanya ketika komputer dimatikan (semacam tempat transit data ketika komputer bekerja)

setiap komputer HARUS punya RAM agar bisa bekerja.. tanpa RAM, komputer tidak akan booting.. contoh fisik RAM ini adalah keping RAM pada CPU ..

ROM adalah Read Only Memory.. memori yang hanya bisa dibaca dan diakses saja, tidak bisa diubah.. contoh gampangnya, sebuah CD (program, MP3, data, dsb) adalah ROM.. kita bisa mengakses dan mengcopy isinya, tetapi tidak bisa merubah isinya (kecuali CD-RW, karena bisa ditulis ulang oleh CD rewritable)..

itu sebabnya, dinamakan CD-ROM / DVD ROM (karena hanya bisa membaca saja) berbeda dengan CD -RW / DVD RW (read-and write) yg bisa "menulis" data ke dalam CD kosong / DVD kosong..JENIS-JENIS RAM
Berdasarkan cara kerja:
Dynamic RAM (DRAM) Static RAM (SRAM)
.FPM DRAM (Fast Page Mode Random Access Memory) EDO RAM ( Extended Data Out Random Access Memory) BEDO RAM (Burst EDO RAM) SD RAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory) RD RAM (Rambus Dynamic Random Access Memory) DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM)
jumper pada hardisk (biasanya pada hardisk lama yang pakai colokan IDE) berfungsi untuk mengatur (menentukan) hardisk mana yang akan menjadi master (tempat OS) dan hardisk mana yang menjadi slave, apabila kita menggunakan dua atau lebih hardisk... jadi saat booting sistem komputer akan boot langsung dari hardisk yang memiliki OS tersebut tanpa harus mencari dari hardisk yang lain...
Jumper pada sebuah komputer sebenarnya adalah connector (penghubung) sirkuit elektrik yand digunakan untuk menghubungkan atau memutus hubungan pada suatu sirkuit. Jumper juga digunakan untuk melakukan setting pada papan elektrik seperti motherboard komputer.

PDF=Protable Document Format
grafik kolom grafik Bar,g rafik garis grafik lingkaran

Ketika Anda bekerja dengan macro di Excel 2007, Anda menyimpan dan membuka workbook dalam format workbook baru makro diaktifkan (xlsm.) Yang menyediakan keamanan tambahan. Bila Anda membuat makro, Anda harus menggunakan format ini untuk menyimpan buku kerja Anda atau makro tidak akan disimpan.
  1. Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)).
  2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).
HAIKU,LINUX

Secara harfiah, internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian
Sebuah intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan
The Infranet adalah arsitektur prospektif untuk Internet dan jaringan telekomunikasi masa depan berbasis paket. Saat ini arsitektur Internet sebagian besar merupakan hasil dari perilaku muncul dari protokol berinteraksi di Internet dan praktek bisnis penyedia telekomunikasi. The Infranet dapat dianggap sebagai hasil dari reformasi praktek jaringan yang ada dengan dimulai dengan pertanyaan "Apa saja yang dibutuhkan?" bukan "Apa protokol dan peralatan memberikan?".
Power supply unit atau disingkat PSU adalah komponen komputer yang memasok listrik ke komponen lain dalam komputer. Lebih khusus, power supply unit biasanya dirancang untuk mengkonversi arus linstrik bolak-balik (AC 220-240V) menjadi arus listrik DC tegangan rendah untuk dapat dikonsumsi oleh komponen internal komputer. Beberapa pasokan listrik memiliki tombol untuk mengubah antara 230 V dan 115 V. Model lainnya memiliki sensor otomatis untuk beralih tegangan input secara otomatis, atau dapat menerima tegangan antara batas-batas tertentu.
  • VLookup : mencari item yang cocok dari data Vertikal
  • HLookup : mencari item yang cocok dari data Horisontal

0 komentar:

Posting Komentar